Hallo sahabat MPOIN....Sedang mencari tutorial cara pasang tangki tanam?, yuk simak artikel kami berikut ini. Pada umunya masyarakat Indonesia lebih mengenal tangki air underground dengan sebutan tangki air tanam, tandon air pendam atau toren air bawah tanah. Namun pada dasarnya semua sebutan tersebut merujuk ke satu jenis tangki air khusus yang penggunaannya dengan di tanam atau dipendam di bawah tanah. Nah, yang menjadi pertanyaan, apakah cara instalasinya sama dengan pemasangan tangki air general pada umumnya?. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara pemasangan tangki air pendam U-ground.

CARA PEMASANGAN TANGKI AIR PENDAM YANG BENAR

CARA PEMASANGAN TANGKI AIR PENDAM YANG BENAR

Dalam pemasangan tangki air pendam U-ground ini, ada beberapa faktor yang wajib anda perhatikan. Yaitu seputar lokasi penempatan tandon air tanam. Namun anda tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini kami akan juga akan membagikan tips dan cara menentukan lokasi untuk pemasangan tandon air pendam U-Ground terbaik, jadi simak terus sampai akhir. Baik, kita langsung saja masuk ke tutorial cara pasang tangki tanam U-Ground MPOIN.

Tutorial Cara Pasang Tangki Air Pendam yang Benar

Di bawah ini adalah cara pemasangan tangki air pendam yang baik dan benar dengan step by step. Kami juga memberikan ilustrasi gambar agar lebih mempermudah anda untuk memahaminya. Silahkan anda ikuti tutorial kami di bawah ini.

1. Membuat Lubang Galian di Tanah

MEMBUAT LUBANG GALIAN DI TANAH

MEMBUAT LUBANG GALIAN DI TANAH

Langkah pertama dalam pemasangan tangki air pendam adalah dengan membuatkannya tempat galian untuk meletakkannya nanti. Cobalah untuk membuat galian lubang melingkar sedikit lebih besar dari diameter tandon air pendam anda. Dan perkirakan kedalamannya cukup hingga leher tangki saja. Dan pada bagian dinding lubang tersebut silahkan lapisi dengan cor atau beton agar mencegah tekanan tanah terhadap tangki. Untuk pemasangan tangki air tanam lebih aman dan ideal, berikan space minimal 5 cm antara tandon dan dinding beton. 

2. Buatlah Landasan yang Kokoh dan Rata

MEMBUAT LANDASAN TANGKI PENDAM KOKOH DAN RATA

MEMBUAT LANDASAN TANGKI PENDAM KOKOH DAN RATA

Langkah kedua pemasangan tangki air pendam yang adalah dengan membuat landasan atau alas yang kokoh dan rata tidak miring. Dengan memasang tangki pendam di landasan yang kokoh dan tidak miring, akan membuat tangki tanam anda tidak geser dan tidak bocor. Silahkan anda beri landasan permukaan bawah/alas tangki pendam yang kokoh. Anda bisa membuatnya dengan cor, bata atau paving yang sudah di tata dengan posisi permukaan yang rata. Pasir tidak dianjurkan sebagai alas, karena akan menimbulkan pergerakan pada tangki.



3. Masukkan Tandon Air Pendam U-GROUnD

PROSES MEMASUKKAN TANGKI AIR PENDAM

PROSES MEMASUKKAN TANGKI AIR PENDAM

Setelah membuat galian lubang tempat tandon tanam dan landasan yang kokoh. Kini masuk pada proses instalasi pemasangan tangki air pendam U-Ground. Silahkan anda masukkan tangki anda ke dalam galian anda tadi, mintalah bantuan tenaga orang lain, agar proses pemasangan tangki air tanam anda dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Pastikan posisi tangki tanam anda tegak lurus dan tepat berada di tengah.




4. Pastikan Tandon air tidak mengambang

ISI AIR AGAR TANGKI AIR PENDAM TIDAK MENGAMBANG

ISI AIR AGAR TANGKI AIR PENDAM TIDAK MENGAMBANG

Inilah fungsi dari memberi space atau jarak antara dinding dan tangki air pendam anda. Yaitu agar mempermudah memasukkan tangki tanam ke dalam lubang galian. Untuk memastikan tangki air anda benar-benar menapak pada landasannya, silahkan isi tangki air pendam anda dengan air hingga ke bahu tangki. Tujuannya adalah tangki benar-benar menapak pada alas paving dan tidak mengambang.



5. Timbun dengan pasir

MENIMBUN TANGKI AIR PENDAM DENGAN PASIR

MENIMBUN TANGKI AIR PENDAM DENGAN PASIR

Langkah pemasangan tangki air pendam selanjutnya adalah dengan menimbunnya dengan pasir. Silahkan isi rung kosong sekeliling tangki dengan pasir halus sampai tidak tersisa space lagi dan tertimbun. Hal ini bertujuan agar tangki air tidak gerak atau geser.




6. Beri Ventilasi

MEMBERI VENTILASI PIPA PADA TANGKI AIR PENDAM

MEMBERI VENTILASI PIPA PADA TANGKI AIR PENDAM

Jangan lupa dalam pemasangan tangki air pendam U-Ground, berilah ventilasi. Tambahkan pipa sebagai ventilasi udara untuk memberikan sirkulasi udara. Dan jangan biarkan lubang pipa udara tersebut sampai tertutup.




7. Jangan Lupa Ditutup

TUTUP KEMBALI TANGKI AIR PENDAMNYA

TUTUP KEMBALI TANGKI AIR PENDAMNYA

Hal yang paling sering terlupakan pada saat pemasangan tangki air pendam adalah menutup kembali setelah pemasangan selesai. Oleh karena itu pastikan anda tidak lupa untuk menutup kembali tangki pedam anda agar kebersihan air di dalamnya tetap terjaga dan meminimalisir tumbuhnya lumut.




8. Buatkan pelindung

BERI PELINDUNG PADA LEHER TANGKI AIR PENDAM

BERI PELINDUNG PADA LEHER TANGKI AIR PENDAM

Setelah instalasi pemasangan tandon air pendam anda selesai semuanya. Silahkan anda membuat pelindung dengan cor pada bagian leher tangki, agar tangki lebih tahan lama dan terhindar dari panas matahari. Tujuannya agar tandon air lebih awet, dan tidak berlumut.

Nah itulah tadi 8 step cara pemasangan tangki air pendam U-GROUND. Silahkan melihat gambar jika anda masih bingung. Untuk jangka lama waktu yang dibutuhkan dalam pemasangan tangki air tanam tersebut berbeda-beda tergantung situasi kondisi anda.

Seperti janji kami di atas tadi, kami juga akan membagikan tips menentukan loasi tangki air underground akan di pasang. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ulasan di bawah ini.

Tips Menentukan Lokasi Pemasangan Tangki Air Pendam

Sebelum anda membeli tangki pendam. Alangkah baiknya jika anda juga memperkirakan dan menentukan lokasi penempatannya nanti. Pentingkah menentukan lokasi penempatan tangki air?. Tentu saja sangat penting, selain pemilihan kualitas tangki tanam itu sendiri, pemilihan lokasi juga sangat mempengaruhi tingkat durabilitasnya juga. Nah berikut adalah beberapa tips menentukan lokasi paling tepat untuk pemasangan tangki air pendam anda.

1. Pilihlah lokasi yang jauh dari jalan

Pemasangan tandon air pendam yang baik dan benar adalah berlokasi jauh dari jalan raya. Mengapa demikian? Tanah yang dibuat jalan, memiliki kesempatan bergeser yang cukup tinggi. Karena setiap harinya mendapatkan tekanan dari kendaraan yang melintas. Dan juga sangat berbahaya jika suwaktu-waktu saat lubang yang anda gali ambrol akan membuat jalan longsor.

2. Pastikan untuk memilih lokasi yang stabil

Usahakan dalam pemilihan lokasi tanam untuk tandon air pendam anda pada area yang stabil. Stabil yang kami maksud di sini adalah lokasi yang memiliki kontur tanah yang stabil dan dan bebas dari rembesan air. Namun jangan khawatir jika anda tidak bisa menemukannya. Anda bisa membuat tempat landasan yang kokoh sendiri yaitu dengan membuah landasan dengan bahan cor semen dan pasir. Buatlah landasan setebal lebih kurang 15 cm pada bagian dasar tangki pendam agar kekuatannya benar-benar terjamin.

3. Lebih dekat lebih baik

Pemasangan tangki air pendam terbaik adalah memilih lokasi yang paling dekat dengan tampat yang disuplainya. Fungsi utama dari tangki tanam adalah sama seperti tangki air general pada umumnya yaitu untuk mensuplai kebutuhan air anda. Pilihlah lokasi penimbunan tandon yang terdekat pada dapur ataupun kamarmandi. Karena tempat tersebut lah yang paling sering membutuhkan suplai air.

4. Usahakan tangki tanam terhindar dari banjir

Dalam pemasangan tangki air pendam. Perlu anda perhatikan juga kemungkinan banjir pada tempat tinggal anda. Usahakan untuk menempatkan tangki pendam pada daerah yang tidak terjangkau banjir. Jika tempat anda terjangkau banhjir anda bisa menambahkan pelindung tambahan dan pada saat banjir, jangan pernah membiarkan tangki pendam anda dalam keadaan kosong. karena tekanan yang dihasilkan oleh air banjir dapat merusak tangki.

5. Pilihlah tangki air pendam terbaik

Pemasangan tangki air pendam anda berhasil dan tahan lama bila diimbangi dengan memilih tangki tanam terbaik. Percuma saja walupun berbagai persiapan dan pemilihan lokasi yang tepat. Jika kualitas tangki pendam yang anda pilih tidak berkualitas dan mudah rusak. Untuk cara memilih tangki air yang bagus sudah kami ulas pada postingan sebelumnya.Silahkan anda membacanya.

Rekomendasi tangki tanam terbaik....

MERK TANDON AIR PENDAM TERBAIK - MPOIN U-GROUND

MERK TANDON AIR PENDAM TERBAIK - MPOIN U-GROUND

Bagi anda yang masih ragu memilih merk tangki air tanam yang bagus. Jangan khawatir, kami memiliki rekomendasi merk tandon air tanam terbaik untuk anda. Kami telah meluncurkan produk terbaru kami  yaitu Tangki air pendam MPOIN U-GROUND. MPOIN adalah merk tangki air pendam paling bagus diantara yang lain.

Mengapa kami merekomendasikan anda tandon air pendam MPOIN UNDERGROUND?. Karena produk kami memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh tanngki tanam merk lain.

Keunggulan tangki air pedam MPOIN U-Ground

Tangki MPOIN U-GROUND adalah produk inovasi baru kami yang didesain untuk memiliki sabuk dibawah tangki atau disebut dengan BELT SUPPORT, yang berguna untuk menahan tekanan dan gerakan bumi yang dapat menjepit tangki, sehingga tidak mudah pecah. Dan juga memiliki desain khusus yang menggunakan 8 kaki atau GROUND FEET untuk menahan tekanan air bawah tanah sehingga tidak naik ke permukaan dan dapat bertahan lama.

Selain itu juga dilengkapi dengan teknologi trobosan baru pada tangki air Mpoin Plus. Seperti LIGHTBLOCK technology yang melindungi dari sinar matahari. Dan pada bagian dalam terdapat technologi ANTIMICROBIAL SILVER ION, yang mampu membunuh bakteri.

Kesimpulannya....

Cara pemasangan tangki air pendam U-GROUND dapat mengikuti step by step yang sudah kami berikan di atas. Antara lain: Membuat lubang galian di tanah, membuat landasan yang kokoh, pastikan posisi tangki tegak lurus dan berada di tengah, pastikan tandon air tidak mengambang, pendam dengan pasir, beri ventilasi, dan buatkan pelindung tambanan. Dengan mengikuti tutorial kami, dijamin tangki air tanam anda akan terpasang dengan sempurna.

Selain kami membagikan cara instalasi pasang tandon air pendam U-Ground, kami juga membagikan tips memilih lokasi penempatan tangki pendam paling tepat. Dan kami juga memberikan referensi merk tangki pendam terbaik yaitu MPOIN U-GROUND yang memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki tangki air tanam bawah tanah merk lain. Oke cukup sekian artikel kali ini, silahkan bagikan artikel ini, jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda.