Hallo sahabat MPOIN...setelah kemarin kami membagikan tips merawat tangki air. Kali ini kami akan membahas cara membersihkan tangki air paling ampuh dan cepat. Mengapa kami membagikan topik ini? karena perawatan dan kebersihan sebuah toren air adalah kunci utama untuk kelangsungan umur sebuah tandon air. Jadi tidak hanya kualitas tangki airnya saja yang perlu diperhatikan namun perawatan juga sangat perlu anda perhatikan juga.

Cara Mudah dan Ampuh Membersihkan Tangki Air - Tangki Air MPOIN Hanya Membutuhkan Spon Saja

Cara Mudah dan Ampuh Membersihkan Tangki Air - Tangki Air MPOIN Hanya Membutuhkan Spon Saja

Cara membersihkan tangki air yang paling benar adalah dengan membersihkannya secara rutin per 2-3 bulan sekali. Namun biasanya sebagian orang melalaikan hal ini, bertahun-tahun tangkinya tidak dibersihkan. Dan kemudian memilih cara instan dalam membersihkan tangki airnya, yaitu dengan cara memberikan obat pembersih toren air saja. Namun apakah benar-benar berhasil dengan cara tersebut?. Belum tentu, terkadang toren air yang sudah bertahun-tahun tidak dibersihkan dan sudah banyak ditumbuhi lumut yang membandel. Maka diperlukan kerja ekstra untuk membersihkannya.

Apa dampak tangki air yang berlumut? menurut pendapat beberapa dokter mengenai bahaya meminum air berlumut dari website halosehat. Beberapa penyakit yang disebabkan karena meminum air lumut adalah sakit perut, gejala diare, atau gangguan pencernaan yang lain. Itulah sebab kita harus selalu memastikan agar air yang kita minum benar-benar bersih. Jika air yang anda minum bersumber dari tandon air. Maka pastikan tandon air anda benar-benar besih, dan ikuti tips cara membersihkan tangki air dari kami berikut ini.

Cara Ampuh Membersihkan Tangki Air dengan Mudah dan Cepat

Tips dan cara membersihkan tandon air ini sangat mudah dilakukan dan dipraktekkan langsung di rumah. Jadi jangan khawatir bagi anda yang memiliki toren air dan baru pertama kali membersihkannya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Persiapan dan Alat

Sebelum memulai pembersihan tandon air, alangkah baiknya anda membuat jadwal dan menyiapkan peralatan-peralatan yang nanti akan digunakan. Dalam hal ini akan saya buat menjadi 2 bagian yaitu: A. membuat jadwal pembersihan, dan B. Persiapan dan alat.

A. Buatlah jadwal pembersihan tangki air

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memiliki tandon air baru adalah dengan merawatnya. Yang dimaksud di sini merawatnya adalah dengan membuat jadwal pembersihan setiap 2-3 bulan sekali. Mengapa demikian? karena jika anda rutin membersihkannya sesuai waktu yang ditentukan, lumut dan kotoran tidak menumpuk banyak dan belum membandel. Sehingga meringankan kerja anda nantinya.

B. Peralatan yang dibutuhkan

Berikut adalah beberapa alat yang harus anda persiapkan terlebuh dahulu, sehingga membuat kerja anda lebih cepat dan mudah. Berikut adalah beberapa daftar peralatannya.

  1. Spon kasar

  2. Sikat

  3. Ember + Air Bersih

  4. Gayung

  5. Obat pembersih Tandon (Optional)

  6. Kursi kecil (Optional)

  7. Alat pel (Optional)

  8. Tambahan orang(Optional)

2. Cek Semua Komponen Tangki Air Dan bersihkan semuanya

Pertama, cek semua komponen tangki air. Komponen tangki air terdiri dari beberapa bagian yaitu: tandon/tangki, valve atau keran, pipa, pompa, yang terhubung ke tangki, fitting inlet dan outlet, serta aksesoris pendukung lainnya. Cara membersihkan tangki air yang pertama adalah dengan mengecek semua bagian-bagian tersebut. Jika menemukan ada bagian yang rusak silahkan ganti dengan yang baru. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir kerusakan lain yang nantinya akan merepotkan di kemudian hari.

Kedua, kuraslah air yang berada di tandon air tersebut/ atau anda bisa memindakannya ke tempat lain, yang nantinya bisa digunakan untuk menyiram tanaman atau sebagainya.

Ketiga, buka tutup tandon airnya. Jika ukuran toren air sangat besar dan memungkinkan untuk masuk, silahkan anda memasuki tangki air tersebut. Dan orang yang 1 nya lagi menunggu di luar untuk memenuhi kebutuhan anda yang di dalam. Namun jika ukuran tangkinya kecil, anda bisa menggunakan pel. Sambil membersihkan silahkan alirkan air secukupnya atau obat pembersih tandon yang sudah disediakan. Gosok terus hingga bagian dalamnya bersih

3. Gunakan Lap Untuk Membersihkan Bagian Dalam

Cara membersihkan tangki air yang selanjutnya adalah membersihkan dinding tandon air bagian dalam terlebih dahulu. Dan lebih disarankan menggunakan bahan lunak seperti spons atau lap. Jangan menggunakan sikat untuk membersihkan bagian dalamnya karena dikhawatirkan dapat merusak lapisan dinding dalamnya.

4. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar

Cara membersihkan tangki air yang selanjutnya adalah membersihkan bagian luar tandon. Jika bagian dalam sudah benar-benar besih kini saatnya beralih ke bagian luar. untuk membersihkan tangki air bagian luar, anda bisa menggunakan sikat. Silahkan basahi dulu bagian luarnya kemudian sikat semua hingga bersih dan bilas kembali dengan air. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan tandon air adalah 2-3 jam.

Cara Mencegah Lumut Tumbuh di Dinding Tangki Air

Contoh Gambar Tangki Air Merek Lain Berlumut - Cara Membersihkan Lumut Pada Tangki Air

Contoh Gambar Tangki Air Merek Lain Berlumut - Cara Membersihkan Lumut Pada Tangki Air

1. Melapisi bagian luar dengan cat

Musuh utama dari tangki air adalah lumut. Lumut bisa tumbuh pada dinding tangki air, dikarenakan cahaya tembus melewati tangki air. Maka tidak heran banyak orang melapisi dengan cat bertujuan untuk membuat tandon lebih kedap cahaya.

Oleh karena itu kami sangat merekomendasi tangki air dengan warna gelap seperti hitam ataupun biru gelap. Jika anda sudah memiliki tangki air berwarna terang seperti orange, merah, anda dapat mlapisinya dengan cat besi warna hitam.

2. Penempatan tandon

Jika tandon air anda seperti tower, atau diletakkan di tempat yang tinggi. Besar kemungkinan akan sering terkena sinar matahari. Cobalah untuk memberi lapisan cat, dan beri atap atau pelindung luar tambahan.

Tandon Air MPOIN sebagai solusi

Solusi Tangki Air Untuk anda - Tandon Air Terkuat Anti Lumut, Anti Pecah, dan Anti Bakteri

Solusi Tangki Air Untuk anda - Tandon Air Terkuat Anti Lumut, Anti Pecah, dan Anti Bakteri

Taukah anda, kami adalah produsen tangki air MPOIN adalah tangki air anti lumut, anti pecah dan anti bakteri. Tangki air kami adalah tandon air yang sudah dilengkapi dengan lightblock yang berfungsi untuk menahan sinar matahari. Kemudian antimicrobial sebagai teknologi anti bakteri, dan yang terakhir adalah Crack Resistance yang membuat tangki tahan benturan. Selain itu juga tangki air MPOIN sudah mengantongi SNI. Lebih jelasnya silahkan lihat pengujian di bawah ini.


PERHATIAN: Bagi anda pengguna tangki air MPOIN, untuk perawatannya cukup dengan di dlap saja, terutama di bagian dalamnya JANGAN PERNAH di lap dengan benda keras atau kasar, seperti sikat ataupun lainnya. Kenapa? Karena hal tersebut akan menghilangkan bahkan merusak lapisan antimicrobial dinding tangki bagian dalam.

Itulah tadi cara membersihkan tangki air paling efektif dan cepat. Jika anda mengikuti step by step dari langkah-langkah kami di atas. Tidak sampai 3 jam anda sudah berhasil menguras tangki anda. Baca juga cara memilih tandon air yang bagus dan tahan lama.