Hallo sahabat MPOIN...kali ini kami akan membagikan tips merawat tangki air yang benar. Dalam artikel ini nanti akan kami bagikan juga cara membersihkan tangki air agar tidak berlumut dan awet. Salah satu penyakit utama toren atau tandon air adalah ditumbuhi lumut pada dindingnya. Terlebih lagi jika toren air tersebut terbuat dari plastik atau Polyethylene (PE). Tandon Air yang terbuat dari bahan tersebut dinding tandonnya mudah di tembus oleh cahaya matahari. Hal ini lah yang menyebabkan lumut/jamur tumbuh.

Tips dan cara paling tepat untuk merawat tangki air agar tidak berlumut dan awet tahan lama

Tips dan cara paling tepat untuk merawat tangki air agar tidak berlumut dan awet tahan lama

Penempatan tandon air juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan lumut. Jika  ditempatkan di bawah sinar matahari, sangat bepengaruh dalam pertumbuhan lumut di dalamnya. Maka dari itu, sebelum anda membeli tandon air, pastikan anda membeli tandon air yang sudah terdapat antimicrobial sehingga membuat tangki air anti lumut. Untuk cara memilih tangki yang bagus silahkan anda baca postingan kami sebelumnya.

Cara dan tips merawat tangki air yang paling benar adalah dengan membersihkannya secara rutin paling tidak 3 bulan sekali. Untuk selangapnya cara merawat tandon air silahkan baca step by step tips dari kami berikut ini.

Cara Merawat Tangki Air yang Benar

Intensitas perawatan tangki air yang salah, juga sangat berpengaruh dalam kelangsungan toren air. Jika anda memiliki tandon air dan malas membersihkannya, jangan heran kalau tandon air anda berlumut dan cepat rusak dalam waktu cepat. Tips merawat tangki air ini akan membagikan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat tangki lebih awet dan tidak berlumut.

1. Tentukan Waktu Pengurasan

Dalam merawat tandon air agar lebih tahan lama dan tidak berlumut diperlukan perhatian ekstra dari sang pemiliknya. Yaitu dengan cara merawat tandon air dengan rutin mengurasnya.  Anda bisa menentukan atau menjadwalkan waktu pengurasan setiap 2-4 bulan sekali. Cara seperti ini adalah cara paling efektif  mencegah lumut di tandon air. Pada saat membersihkan tangki air, cobalah menggunakan obat pembersih toren air untuk mempercepat pekerjaan anda.

2. Diberi Pelindung Tambahan

Tips merawat tangki air yang selanjutnya adalah memberi tambahan pelindung. Cobalah anda perhatikan juga lokasi penempatan toren air anda. Jika peletakan tandon air anda berada sepeti di tower, atau di letakkan di tempat tinggi. Maka besar kemungkinan akan lebih banyak mendapatkan sinar matahari. Cobalah untuk memberi penutup untuk menghalangi sinar matahari langsung mengenai dinding toren air.

3. Dicat Gelap

Tips merawat tangki air selanjutnya adalah dengan memberi warna gelap bagian dinding tangki. Anda bisa menggunakan cat kayu, cat besi atau cat apa saja berwarna gelap. Tujuan dari pengecatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah, untuk menangkal cahaya matahari.

4. Pilih Tangki Air Antimicrobial

Tips merawat tangki air yang terakhir adalah dari pemilihan tandon airnya. Usahakan pilihlah tangki air antimicrobial atau tandon air anti lumut yang sudah dilengkapi dengan teknologi lapisan lightblock sehingga kedap cahaya. Seperti pada tandon air merk MPOIN, semua produk kami sudah dilengkapi dengan lapisan antimicrobial silver ion dan teknologi lightblock, seperti pada tandon air MPOIN PLUS, MPOIN DRAINMPOIN STACK, MPOIN CHEM, dan MPOIN U-GROUND.

#Keunggulan Toren Air MPOIN

Kelebihan Keunggulan Toren Tandon Air MPOIN Yang Tidak Dimiliki Merk Lain

Kelebihan Keunggulan Toren Tandon Air MPOIN Yang Tidak Dimiliki Merk Lain

Kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan tangki air MPOIN PLUS. Karena tandon air ini dapat mengatasi semua permasalahan di atas. Karena sudah dilengkapi dengan LIGHTBLOCK TECHNOLOGY yang berfungsi untuk menahan sinar matahari masuk dan THERMAL STABILIZER sebagai pemisah suhu dalam dan luar tangki. Dengan memakai toren air MPOIN ini, anda tidak perlu repot- repot untuk mengecat, atau memberi pelindung tambahan ulang. Dan untuk ketahananya sudah benar-benar terujui dan sudah mengantongi standar SNI. Lihat video tes kekuatan dan kedap cahaya dari tangki air MPOIN di bawah ini.



Kesimpulan

Tips merawat tangki air ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, Cuman terkadang pemiliknya lah yang malas untuk melakukannya. Padahal perawatan tandon air juga sangat perlu diperhatikan. Karena kebersihan dan perawatan tangki air sangat memperngaruhi durabilitas sebuah tandon air.

Cara merawat tangki agar tidak berlumut dan awat dapat dilakukan dengan: menjadwalkan pembersihan, diberi pelindung tambahan, dicat bagian luarnya dan memilih toren air yang sudah antimicrobial.

Untuk lebih mudahnya anda bisa mencoba produk kami, toren air MPOIN, yaitu sebuah toren air dengan teknologi baru yaitu lightblock dan antimicrobial yang mampu membuat tangki anti lumut dan awet. Dan juga memiliki CRACK RESISTANCE tinggi sehingga dapat bertahan dari benturan, serta sudah mengantongi SNI.