Hallo sahabat MPOIN...Pada postingan kali ini kita akan membahas seputar cara membersihkan lumut pada tangki air yang membandel. Mengapa kami membahas topik ini? jawabannya sangatlah sederhana, karena musuh utama dari tangki air berbahan plastik adalah lumut. Dan juga banyak sekali pengguna dari tangki air produk kami, yang kesusahan untuk membersihkan lumut pada tangki air.

Cara Membersihkan Lumut Membandel Pada Tangki Air

Cara Membersihkan Lumut Membandel Pada Tangki Air

Jadi pada dasarnya postingan ini merupakan tutorial dan juga merupakan jawaban untuk anda semua yang masih bingung tentang cara membersihkan lumut membandel pada tangki air anda. Berbicara mengenai lumut pada tangki air, ada beberapa faktor yang menyebabkan lumut dengan mudah tumbuh pada dinding air. Salah satunya adalah dari kualitas tangki air yang digunakan, maka dari itu pemilihan tangki air yang tepat sangat diperlukan. Karena pada dasarnya tandon air juga ada yang didesain dengan lapisan anti lumut dan ada juga yang tidak. Lapisan inilah yang sangat berperan penting dalam mencegah tumbuhnya lumut pada dinding tangki air.

Cara mengatasi lumut yang membandel

Kembali ke topik awal pembahasan kita yaitu cara membersihkan lumut pada dinding tangki air yang membandel. Agar lebih mudah dipahami kami akan terlebih dahulu menjelaskan penyebab tangki air bisa dengan mudahnya di tumbuhi lumut. Berikut ulasannya...

Faktor Penyebab Tangki Air Ditumbuhi Lumut

Seperti yang kami sebutkan d atas musuh utama tangki air plastik pada umumnya adalah lumut. Lumut merupakan tumbuhan yang sangat merepotkan bila sampai tumbuh di sebuah bidang. Bidang yang sering kali ditumbuhi lumut adalah bidang yang sering kontak dengan air, seperti pada: kamar mandi, kloset, wastafel, bathtub, dan lain-lain. Dan untuk membersihkan lumut membandel pada objek-objek tersebut, diperlukan usaha yang keras dan waktu yang cukup lama. Termasuk juga tangki air, jika anda perhatikan tangki air juga dapat ditumbuhi lumut, karena secara logika tangki air juga berfungsi untuk menampung air. Namun bagaimana tangki air bisa ditumbuhi lumut? Berikut ulasannya.

1. Sinar matahari

Faktor utama penyebab tangki air di tumbuhi lumut adalah sinar matahari. Seperti yang kita ketahui, lumut adalah tanaman yang membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis dan berkembang biak. Jadi semakin banyak tangki air anda terkena sinar matahari secara langsung, maka besar kemungkinan tangki air anda akan sangat mudah di tumbuhi lumut.

2. Lokasi Penempatan

Masih berkaitan dengan point sebelumnya yaitu mengenai tangki air yang banyak mendapat sinar matahari. Maka dari itu penempatan yang salah juga sangat berperan banyak mengapa tangki air cepat ditumbuhi lumut, dan selain itu membuat tandon air cepat rusak. Jadi usahakan untuk penempatan tangki air, letakkan pada tempat yang minim cahaya matahari. Jika tangki air anda di pasang seperti tower, maka usahakan memberi atap pelindung agar cahaya tidak langsung mengenai dinding tangki.

3. Tangki Tembus Cahaya

Faktor penyebab tangki air mudah ditumbuhi lumut yang selanjutnya adalah dari kualitas tangki air itu sendiri, yaitu melainkan tangki airnya tembus cahaya. Dengan tangki air anda yang tembus cahaya, maka spora jamur/lumut yang berada di air, mendapatkan sinar matahari, sehingga mempermudah lumut untuk berkembang biak pada dinding tangki air bagian dalam.

Cara membersihkan lumut membandel

Gambar Ilustrasi Lumut Membandel Pada Tangki Air

Gambar Ilustrasi Lumut Membandel Pada Tangki Air

Cara membersihkan lumut membandel pada tangki air bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dan tentunya juga menggunakan bahan-bahan tertentu sebagaialat bantu untuk mempermudah proses pembersihan lumut pada tangki air. Nah berikut adalah bahan dan cara membersihkan lumut membandel paling ampuh.

1. Menggunakan sabun cuci piring

Cara membersihkan lumut membandel pada tangki air yang pertama adalah, anda bia menggunakan bantuan sabun cuci piring. Cobalah membasuh rata dengan sabun pencuci piring tersebut, kemudian sikat hingga bersih dan tidak licin lagi.

2. Menggunakan Air Panas

Setalah menggunakan sabun cuci piring masih tidak mempan, cobalah menggunakan air panas untuk membersihkan lumut yang membandel. Cobalah membasuh seluruh permukaan tangki air yang berlumut dengan menggunakan air panas. Kemudian basuh dengan air sabun pencui piring, kemudian sikat hingga bersih, kemudian basuh lagi dengan air panas. Ulangi proses tersebut hingga lumut hingga benar-benar bersih.

3. Menggunakan Air Garam

Jika menggunakan perpaduan air panas dan sabun cuci piring masih belom berhasil, sekarang cobalah menggunakn perpaduan air panas dan garam untuk membersihkan lumut membandel pada tandon air anda. Cobalah membuat racikan air garam, yaitu masukkan 3 sendok makan garam dapur ke dalam 2 liter air bersih, lalu didihkan. Kemudian siramkan pada bagian tangki air anda yang berlumut, kemudian sikat hingga besih. Silahkan ulangi proses ini hingga lumut benar-benar bersih.

4. Kaporit

Selanjutnya, untuk membersihkan lumut bandel pada tandon air anda bisa menggunakan kaporit. Kaporit bisa dibeli di toko-toko bahan bangunan. Untuk membersihkan lumut, tumbuk kaporit sampai halus, lalu taburkan pada permukaan yang berlumut. Diamkan sampai satu jam agar reaksi kimianya bekerja maksimal. Siram dengan air bersih, baru kemudian dicuci dengan air sabun. Bilas dengan air sampai tidak terasa licin.

5. Cuka Putih

Langkah selanjutnya untuk membersihkan lumut pada tandon air adalah dengan menggunakan bahan cuka putih. Cuka putih yang biasa digunakan untuk memasak juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut. Caranya dengan mencampur cuka putih dengan air lalu disiramkan ke area berlumut lalu digosok sampai bersih, dan jangan lupa untuk segera membilas sisa cuka dengan air hingga benar-benar bersih. Karena cuka bisa merusak lapisan dinding tangki air bila dibiarkan terlalu lama.

6. Pemutih Baju

Selanjutnya, bahan yang bisa anda gunakan untuk membersihkan lumut pad tandon air adalah pemutih baju. Cobalah melarutkan cairan pemutih baju dengan air bersih, kemudian siramkan laurtan tersebut pada lapisan dinding tandon air yang berlumut. Gosok dengan sikat lantai sampai semua lumut yang menempel rontok dan terlepas. Baru kemudian bilas dengan air bersih.

7. Air Kapur

Cara selanjutnya, untuk membersihkan lumut pada tangki air air adalah dengan menggunakan air kapur. Air kapur bersifat keras, sehingga bisa membantu melepaskan lumut dari dinding tandon. Kapur bisa dibeli di toko bahan bangunan, atau gunakan kapur tulis. Cara membuat air kapur adalah dengan membuat campuran kapur dengan air. Siramkan air kapur ini pada permukaan dinding atau lantai yang ditumbuhi lumut. Setelah itu, diamkan dulu selama beberapa jam atau semalaman. Keesokan harinya, gosok permukaan dinding tersebut dengan sikat lantai sampai bersih, lalu bilas sampai tidak ada sisa lumut yang menempel.

Cara Pencegahan Agar Tangki Air Bebas Dari Serangan Lumut

Setelah menggunakan cara membersihkan lumut membandel pada tangki air di atas. Jangan lupa untuk memperhatikan cara pencegahan agar tangki air bebas dari serangan lumut. Cara ini berlaku bagi anda yang sudah terlanjur membeli tangki air belum anti lumut. Berikut ulasannya...

1. Dicat Hitam/Warna Gelap

Cara pencegahan tumbuhnya lumut jika tangki air anda tembus cahaya adalah dengan memberi cat dinding luarnya dengan warna hitam/warna gelap. Dengan tujuan menambah lapisan lebih untuk menghalangi sinar matahari masuk ke dalam tangki. Silahkan baca juga artikel kami yang berkaitan dengan masalah ini yaitu, warna terbaik untuk tangki air.

2. Penempatan

Pencegahan tangki air dari serangan lumut yang selanjutnya adalah penempatan tangki air itu sendiri. Usahakan anda menempatkan tangki air anda di lokasi yang minim terkena sinar matahari. Jika tangki air anda pasang seperti tower, usahakan memberi atap atau pelindung tambahan agar sinar matahari tidak langsung mengenai dinding tangki. Silahkan baca juga, cara pemasangan tangki air paling mudah.

3. Pengurasan Berkala

Jika anda tidak ingin menghadapi masalah dalam membersihkan lumut membandel pada tangki air. Usahakan lakukan pembersihan secara berkala dan konsisten. Usahakan tangki air anda di bersihkan paling tidak minimal 2-4 bulan sekali agar lumut tidak sampai membandel. Baca juga, cara membersihkan tangki air dengan cepat dan mudah.

4. Membeli Produk Tangki Air Anti Lumut

Dan bagi anda yang belum memiliki tandon air di rumah, dan ingin membeli tagki air di rumah. Usahakan membeli produk tangki air anti lumut. Agar nantinya anda tidak mengalami masalah dalam membersihkan lumut membandel di kemudian hari. Serta sesuaikan juga ukuran tangki air anda sesuai kebutuhan rumah tangga anda. Silahkan baca juga artikel kami, cara menentukan ukuran tangki air untuk rumah tangga.

Rekomendasi Tangki Air Anti Lumut Terbaik....

Tangki Air MPOIN PLUS - Tandon air anti lumut, anti bakteri, dan anti pecah terbaik di Indonesia

Tangki Air MPOIN PLUS - Tandon air anti lumut, anti bakteri, dan anti pecah terbaik di Indonesia

Selain kami memberikan solusi cara membersihkan lumut membandel pada tangki air, kami juga akan memberikan anda rekomendasi tangki air anti lumut terbaik di Indonesia. Apa itu? yaitu tangki air MPOIN PLUS. Tandon air MPOIN PLUS adalah produk terbaru dari PT.Bangun Indpralon Sukses yang membawa inovasi tangki air anti pecah anti lumut dan anti bakteri. Mengapa demikian? Karena toren air MPOIN PLUS ini dilapisi dengan 4 lapis.

Struktur Lapisan Pada Tangki Air MPOIN PLUS

Struktur Lapisan Pada Tangki Air MPOIN PLUS

Lapisan terluar adalah lapisan PIGMEN atau pewarna agar tidak mudah luntur, Lapisan Polyethylene Foam atau disebut dengan CRACK RESISTANCE yang membuat tangki air anti pecah dan tahan benturan, Kemudian lapisan LIGHTBLOCK TECHNOLOGY yang berfungsi untuk memblock sinar matahari masuk sehingga tangki air tidak tembus cahaya, dan lapisan terdalamnya yaitu lapisan ANTIMICROBIAL SILVER ION atau lapisan anti bakteri yang berfungsi untuk mengikat dan membasmi bakteri.

Video Preview Tangki Air MPOIN PLUS

Di bawah ini adalah video preview dari tes kekuatan tangki air MPOIN PLUS yang melewati berbagai macam ujian, seperti, dihimpit dengan truck, dilindas truck, dijatuhkan dari ketinggian tertentu dengan kondisi terisi air. Dan pada tes kekuatan ini, tangki air di sandingkan dengan tandon air merk lain. Untuk selangkapnya silahkan lihat video di bawah ini...

Kesimpulannya...

Secara singkat membersihkan lumut membandel pada tangki air diperlukan beberapa trik, dan bahan-bahan tertentu untuk mempercepat pembersihan. Kemudian jangan lupa perhatikan beberapa faktor penyebab tangki air di tumbuhi lumut. Sehingga dapat menanggulangi masalah lumut membandel sejak dini. Selain itu kami juga memberikan rekomendasi tangki air anti lumut terbaik di Indonesia, yaitu tandon air MPOIN PLUS yang merupakan produk PT. Bangun Indpralon Sukses yang membawa inovasi tangki air anti pecah, anti lumut, anti bakteri.